Follow Us @soratemplates

10/07/12

Makna Kemerdekaan



Seperti Lanang yang mencari makna kemerdekaan, pada mulanya yang ia temukan hanya gumpalan-gumpalan pesimisme dan sinisme, ah merdeka apaan!! Salah satu temanku juga berkomentar dalam blognya bahwa kebanyakan orang senang dengan sadomasochis, senang melukai diri sendiri. Hal buruk yang diutarakan seseorang sebenarnya merupakan hal buruk yang terjadi dalam dirinnya sendiri. Dalam Ilmu Psikologi itu disebut proyeksi.
Kalau masih belum nggeh hubungan  proyeksi, sadomasochis dan cerita Lanang, sini aku utarakan lagi. Dalam cerita Kemerdekaan Lanang, Lanang digambarkan sebagai orang miskin tetapi kritis dan cerdas.Maka jelas akan terjadi benturan antara idealisme yang ia pelajari dan yakini dengan keadaan yang terjadi dalam dirinya. Ujungnya tak ayal lagi :Pesimisme dan Sinisme.
Lanang mengatakan bahwa negara ini belum merdeka, yang terjadi sebenarnya adalah Lanang sendiri yang tidak mau memerdekakan dirinya. Meyakini dan menjaga bahwa kemerdekaan itu kuncinya, maka pikiran dan perbuatan akan mengikutinya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi intiya kemerdekaan itu dilihat dari diri kita, kalo kita pikirannya difokuskan merdeka kita abkal merdeka?

Unknown mengatakan...

Iya, jadi apa yang kita lakukan kan tergantung keyakinan kita. Kalau kita merasa merdeka, maka apa yang kita lakukan menjadi mudah.